Sabtu, 31 Januari 2009

MADU PRAMUKA : Selayang Pandang Madu Pramuka


Pada awal berdirinya madu pramuka bernama Pusat Perlebahan Apiari Pramuka yang didirikan atas gagasan dari Sekjen Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang ingin menerapkan kegiatan peternakan lebah secara modern di Indonesia pada tahun 1970. Gagasan tersebut diungkapkan dalam workshop peternakan lebah di Jakarta yang diseleggarakan pada tanggal 28 Mei 1970. Salah satu hasil dari workshop tersebut adalah pembentukan suatu badan untuk menampung segala aktivitas peternakan lebah di lingkungan Gerakan Pramuka. Sehingga terbentuklah suatu unit usaha Pramuka yang disebut Pusat Perlebahan Apiari Pramuka.






Pada awal tahun 2004, Kepala Unit Pusat perlebahan Apiari Pramuka mengusulkan kepada Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk mengubah status unit usahanya menjadi Perseroaan Terbatas. Usulan tersebut bertujuan untuk memudahkan perusahaan dalam berkerjasama dengan pihak lain sehingga Madu Pramuka dapat semakin berkembang dan dikenal luas sebagai Pionir perlebahan modern di Indonesia. Akhirnya pada tanggal 5 Januari 2005 Pusat Perlebahan Apiari Pramuka resmi menjadi Perseroaan Terbatas dengan nama PT Madu Pramuka.






Ruang Lingkup Kegiatan Madu Pramuka



Dalam kegiatan usahanya Madu Pramuka menghasilkan produk berupa barang dan jasa yang berhubungan dengan perlebahan. Produk yang berupa barang yaitu :



1. Penjualan berbagai macam madu murni seperti: madu kapuk, karet, klengkeng,rambutan, apel, mangga, kopi, mahoni, durian, multiflora/hutan, madu super, madu royal jelly, madu pollen, madu propolis dll.



2. Penjualan Bee Pollen, Royal Jelly, dan Bee Propolis



3. Peralatan Beternak lebah



4. Penyediaan Bibit Lebah Unggul dan Lokal



Beberapa produk jasa yaitu :



1. Pelatihan Budi Daya Lebah Madu



2. Pengobatan Dengan Sengat lebah (Apitherapy)



3. Wisata Lebah bagi pelajar, mahasiswa, dan umum.



Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi :



JAKARTA " ISTANA LEBAH " Komplek Wiladatika Cibubur Jakarta Timur 13720. Telp. (021) 8445104, 84598457, 9225578. Fax. (021) 8445104. E-Mail : madupramukaind@gmail.com






JAWA TENGAH " ISTANA LEBAH " Jl. Raya Kutosari Gringsing Kabupaten Batang 51281 Telp/Fax. (0294) 641195


11 komentar:

  1. Mohon informasinya : manfaat dari madu super dan berapa harganya ? trims (yadisp88@gmail.com)

    BalasHapus
  2. saya barusan membeli madu pramuka 350 m,di toserba sahabat, sidoarum godean jogjakarta.setelah saya buka segelnya saya tutup kembali,...sekitar 6menit kemudian meletup sampai madunya berceceran sampai atas eternit rumah,..kenapa ya? apakah aman ? mohon penjelasannya,terimakasih.

    BalasHapus
  3. bisa minta daftar harga madu anda?
    tolong kirim ke : abahnya.usamah@gmail.com

    BalasHapus
  4. saya agus dari tasik malaya,ingin beternak lebah madu ,bagai mana caranya?imel saya;adeherma@gmail.com tolong minta gambar kotaknya secara detil

    BalasHapus
  5. pak bisa minta struktur organisasi madu pramuka cabang jateng di gringsing ga?soalnya buat skripsi..tolong kirim ke email saya:zonaku07@gmail.com secepatnya ya pak...makasih

    BalasHapus
  6. Saya ingin belajar beternak lebah. Berapa biaya, waktu, dan kapan bisa mulai? Saya ingin setelah belajar langsung bisa. Saya ingin kembangkan di Lampung. Bagaimana cara membawa induknya ke sana? Bisa naik pesawat dan lewat ferry? Tolong jawaban ke halimshtang@yahoo.com

    BalasHapus
  7. @Mas Abdul Yth.
    Bila Mas Abdul memang tertarik untuk ikut pelatihan budi daya lebah madu bisa langsung menghubungi no.021 8445104 dengan Bp.Eureka (Kepala Pelatihan)

    BalasHapus
  8. Saya penyuka madu, termasuk madu pramuka. Sangat disayangkan, madu sebagus madu pramuka memiliki kadar air yang tinggi sehingga mudah tefermentasi. Ini berakibat menurunkan kualitas madu. Saya pernah ngobrol dengan seorang berpengalaman tentang madu. Beliau berbagi pengalaman cara yang mudah untuk mengurangi kadar air di madu, yaitu dengan menghembuskan udara hangat ke tempat yang berisi madu. Persis seperti lebah menjaga madu dengan mengepakkan sayapnya. Dehumidifier ini terdiri dari kipas listrik dan bola lampu pijar warna susu. Temperatur dijaga pada batas yang tidak merusak madu, maximum 52 derajat celcius (CMIIW). Sangat sederhana dan mudah, tidak semahal yang orang kira. Saya kira tidak sulit bagi madu pramuka untuk meningkatkan kwalitas madunya.

    BalasHapus
  9. Mohon dikrm ke email saya daftar harga madu dan kegunaannya masing2. Tks.

    BalasHapus
  10. pa mohon infonya dong, klo cabang pnjualan daerah depok ada ga ?? klo ada mohon tnjukin tmpatnya..., trims

    BalasHapus
  11. pa/bu saya pelajar,ingin melakukan wiosata lebah sebagai penelitian saya ......

    apa perlu surat ijin?

    BalasHapus

tag HTML